Minggu, 03 Juni 2012

Tirta Empul Bali

Tirta Empul, Pura yang terletak disamping istana Istana Presiden di Desa maukaya Gianyar bali ini dibangun oleh Presiden Pertama RI Soekarno. Pura ini merupakan salah satu peninggalan bersejarah yang terkenal dengan mata air suci yang menyempul dari dalam perut bumi, maka dinamakan tirta empul = air yang menyembul keluar. 

Pura ini mempunyai pusat pemandian umum yang digunakan oelh masyarakat bali untuk melukat=bersudi diri yang datang dari seluruh pelosok bali, baik turist dan pendatang juga sering melakukan ritual melukat di pura ini. Kono menurut cerita Versi Bali, Tirta empul terjadi dari sebuat peristiwa dimana ada seorang raja yang sakti tetapi jahat bernama Mayadenawa. Kemudian dari kerajaan langit mengutus Bhatara Indra untuk membunuh Raja Mayadenawa. Dalam pertarungan raja Mayadenawa mengalami kekalahan dan melarikan diri dengan berjalan dengan menggunakan sebelah telapak kakinya agar tidak diketahui oleh Bhatara Indra dan Prajuritnya, dari sanalah Nama Tampak Siring diabadikan sampai sekarang. Kemudian Raja Mayadenawa meracuni seluruh pasukan Bhatara Indra dengan air yang beri racun oleh Raja Mayadenawa. 

Untuk menyembuhkan pasukannya, Bhatara indrapun kemudian menancapkan sebuah bendera ketanah dan konon dari situlah muncul air dari perut bumi yang digunakan sebagai penangkal racun untuk mengobati semua prajurit bhatara indra. Dari situlah nama Tirta Empul diambil dan abadi sampai sekarang. Bagi pendatang dan pelancong, rasanya tidaklah lengkap sebelum mengunjungi Pura Tirta Empul ini. Selain mempunyai area yang sangat sejuk dan alami, anda dapat melakukan Tradisi melukat, Mandi Suci bisa merasakan air murni yang keluar dari perut bumi yang kelaur dari pancoran di Kolam Tirta Empul.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Thanks for sharing this stuff....




Ubud Tour and Travel