Senin, 04 Juni 2012

Taman Tirtagangga Karangasem

Taman Tirta Gangga, Merupakan Obyek wisata yang dibangun oleh raja karangasem bali, Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem pada tahun 1948  seluas 1,2 yang sangat unik dengan Gaya Arsitektur Bali dan China. Taman Tirta Gangga terletak di Desa Ababi, Kecamatan Abang karangsem Bali. Taman ini merupakan komplek dua kolam air yang pertama kolam teratai dan airmancur sedang komplek taman yang kedua dapat dijumpai kolam renang dan tempat peristirahatan sang raja.
Dahulunya terdapat sumber mataait besat yang dinamakan masyarakat setempat embukan atau mata air. Mata air yang keluar kemudian digunakan untuk memenugi kebutuhan penduduk akan air dan juga sebagai pemurnian dari para dewa yang dianggap suci dan sakral.
Mata air itu kemudian difungsikan untuk memenuhi kebutuhan penduduk akan air dan juga sebagai "pemurnian" dari para Dewa. Untuk tujuan ini, mata air ini dianggap suci dan sacral. Nama Gangga diambil dari sungai di India, sehingga Tirta Gangga berarti air suci yang diberkati yang disucikan oleh umat Hindu di Bali yang dipergunakan untuk upacara keagamaan di Pura-pura dibali hingga saat ini.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

It's a amazing post. Thanks...






luxury villa