Selasa, 05 Juni 2012

Pura Goa Gajah

Goa Gajah, Obyek wisata yang berada di Desa Bedulu Kecamatan Blah Batu, Gianyar yang memiliki daya tarik tersendiri karena Adanya Patung Dewa Ganesha didalam goa tersebut. Ketika mendengar Goa gajah, pasti langsung berfikir goa yang menyerupai Gajah atau isinya hewan gajah. Merupakan peninggalan Purbakala sebagai cagar budaya yang dijaga kelestariannya.

Pura Goa gajah sampai sekarang masih dipergunakan untuk persembahyangan antara umat Hindu dan Budha yang ada dibali, hal ini disebabkan sebagai akuluturasi dan peninggalan antara dua agama tersebut.
Terdapat relief Bhoma pada pintu masuk setinggi 2 Meter dengan wajah raksasa yang siap menelan pengunjung yang datang.
Pengunjung dapat melihat secara langsung 3 patung yang ada didepan pintu masuk, patung Ratu Brayut dan Patung Jempiring yang mengapit Patung Ganesha. Juga terdapat kumpulan artefax yang ditata rapi seperti prajurit yang berbaris disebelah sisi barat dari pelataran Goa gajah.

Tempat yang menarik dari Goa Gajah adalah Pemandian Kuno, Sebuah Kolam renang bernama Sapta gangga, Yamuna, Saraswati, Narmada dan Kaori Ganawani dan Sandu. Masing-masing kolam memiliki 7 pancuran berupa patung bidadari yang membawa kendi dimana air kelura dari dalam kendi sebagai pancuran. Umat Hindu dibali mensucikan air yang keluar dari pancuran. Suasana yang dingin dan sejuk sangat mendukung ditempat ini untuk melepas lelah atau sekedar istirahat, sambil menikmati indahnya kolam yang jenih dan ikan yang berwarna warni menghiasi kolam.


0 komentar: